Persiapkan 5 hal ini sebelum terjun ke dunia blog

Tidak bisa dipungkiri, kemajuan dalam era Informasi membuat banyak orang berbondong-bondong untuk memilih terjun ke dalam dunia internet. Salah satunya profesi menjadi seorang blogger.

Yap, alasan yang paling sering admin dengar adalah karena profesi sebagai seorang penulis blog merupakan pekerjaan yang bisa menghasilkan uang hanya dengan mengetik saja.

Memang, pekerjaan sehari-hari seorang yang menjalani dunia blog tidak lepas dari posting artikel setiap hari. Namun apakah itu saja? Tidakk!!
Nah, dalam artikel kali ini admin akan menjelaskan

Hal yang perlu dipersiapkan sebelum terjun ke dalam dunia blog :


1. Mau meluangkan waktu untuk menulis

Membutuhkan waktu Untuk Menulis
Jika kita lihat, hampir sebagian besar orang lebih menyukai membaca daripada menulis. Hal ini dikarenakan menulis itu membutuhkan waktu yang cukup banyak.
Mulai dari pemilihan judul yang tepat, rangkaian isi berita, sampai pemilihan topik. 
Selain itu bacaan yang sudah kita baca kadang susah dijelaskan dengan gaya bahasa kita sendiri

2. Banyak membaca
Membaca Itu Penting


Membaca disini bukanlah membaca 24 jam non stop. Namun jika kamu menyukai membaca lebih dari 3 artikel setiap hari itu merupakan sebuah langkah awal yang bagus. Membaca merupakan sebuah jendela ilmu, dengan banyak membaca selain menambah wawasan, hal itu juga dapat membuat kita penuh akan ide baru untuk isi dari artikel yang mau kita buat.

3. Penggunaan template dan gadget/widget ( fitur )

Template Yang Menarik

Template dalam dunia blog adalah wadah kita menyajikan artikel-artikel yang sudah kita tulis. Template yang menarik dengan segala kemudahan membuat pembaca betah mengunjunginya.

Bayangkan jika artikelmu sudah bagus namun sajian dalam template kita kurang menarik. Maka itu sama saja mengurangi kesan pertama terhadap blogmu, sehingga pengunjung bisa malas membaca.
Selain itu perhatikan juga gadget atau yang akrab kita kenal fitur dalam template. 

Penggunaan widget yang banyak memang membuat menarik. Namun apa gunanya jika hal itu hanya membuat pembaca bingung membaca blogmu dan kecepatan blog juga menjadi lambat dari sebelumnya.

Saran admin untuk pemilihan template bisa mengunjungi Sugeng.id atau arlina design

4. Tidak terlalu memfokuskan kepada tools

Google Tools

Tools? Apa itu? Tools dalam dunia blog merupakan sebuah perangkat yang digunakan seorang blogger untuk membidik kata kunci dalam meraih page one.( halaman satu google )
Namun bagi seorang pemula, tools bukanlah yang terlalu penting. Nyatanya tools malah membuat kita kesusahan untuk menulis. Rasa takut bahwa tools kunci blog ramai pengunjung membuat kreativitasmu mati.

Lalu apa yang dibutuhkan pemula? Internal Link!!
Apa itu Internal Link ? Internal Link merupakan sebuah link yang menghubungkan artikel kita dengan artikel kita lainnya. Bagi seorang penulis blog, Internal Link sangat penting agar pengunjung dapat menerima informasi yang lengkap tentang artikel kita
Oleh karena itu sangat disarankan untuk fokus membangun internal link yang baik

Lalu bagaimana cara membangunnya? Ya dengan fokus terhadap isi artikel pertama. Artikel kedua harus bisa menjelaskan lebih apa isi artikel pertama. 
Contoh : Artikel pertama ada bagian menjelaskan tentang Manfaat membangun Backlink, maka artikel kedua bisa menjelaskan "Cara Gampang Membangun Backlink". Intinya berhubungan

5. Jangan cepat putus asa jika belum mearih halaman satu google ( page one )

Quote Motivasi Blog

Bisa kita lihat ribuan artikel muncul setiap hari, namun hanya 10 artikel saja yang masuk halaman satu google . Sehingga banyak pemula yang memutuskan untuk pensiun dini dalam profesi sebagai penulis blog. Hal tersebut diketahui karena banyak para pemula yang hanya memfokuskan terhadap page one sehingga jika ia tidak meraihnya maka ia melabelkan dirinya tidak berbakat.

Padahal bukan itu, banyak hal yang harus diperhatikan seperti Page rank, DA PA, dll
Untuk itu seperti yang dijelaskan pada poin no 4.. Internal Link sangat penting

Jika kalian memang butuh semangat maka sebaiknya baca ini : Alasan penulis blog harus tetap semangat


Demikian tips-tips yang bisa admin berikan seputar hal yang harus dipersiapkan jika memang mau terjun ke dalam dunia blog. Tapi jadi penulis blog memang enak kok hehe




Load disqus comments

4 komentar